Desain 3D Interior Ruang Makan Yang Mungil

[full_width]
Ruang Makan Yang Mungil
Desain 3D Interior Ruang Makan Yang Mungil
Desain 3D Interior Ruang Makan Yang Mungil - Ruang makan yang juga berfungsi sebagai dapur ini, dimana kitchen set dan mejanya saling berhadapan, sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki rumah dengan ruangan yang luas. Atau bisa juga untuk mereka yang memiliki ruangan apartemen dengan tipe studio. Kombinasi warna kitchen set yang apik, seperti warna orange atau oranye yang juga sangat serasi dengan latar dekorasi dindingnya yang memiliki warna sama, yaitu ilustrasi dari buah jeruk. 

Selain bentuknya yang elegan, desain kitchen set  dan meja serta kursi yang berwarna putih solid ini terinspirasi oleh bentuk-bentuk geometri yang sederhana dari desain interior negeri sakura yaitu Jepang,  yang mempengaruhi trend dunia arsitektur di abad 20 bertemakan minimalis. Dan jika kita lihat pada lantainya yang menggunakan bahan parquet sebagai material utamanya, menciptakan keselarasan yang harmonis dengan kombinasi kitchen set dan meja kursinya.

Penggunaan material aluminium di sebagian permukaannya, dan juga kayu plywood dengan lapis HPL untuk body kitchen set tersebut, menimbulkan kesan kokoh sekaligus apik. Material aluminium sangat tahan terhadap karat. Jadi kita tak perlu khawatir dengan penggunaan material ini,  karena selain bebas dari unsur racun logam berat, material aluminium ini juga ringan dan mudah untuk dibersihkan. Berbeda dengan material kayu (seperti MDF, blockboard, plywood) yang mudah menyerap noda cairan atau kotoran jika tumpah di permukaannya, sehingga bisa dipastikan umurnya penggunaannya akan lama atau awet.

Seperti yang telah disebutkan di atas, umumnya ada 3 macam jenis kayu yang sering digunakan untuk membuat sebuah kitchen set. Penggunaan material kayu ini juga ada sisi untung dan ruginya. Contohnya kayu MDF atau Medium Density Fiberboard, yaitu kayu olahan yang telah dipres dari serbuk kayu bertekanan tinggi. Kayu ini sering digunakan untuk membuat rangka dari sebuah kitchen set. Selain harganya yang murah, memiliki tebal yang lumayan bagus dan juga mudah untuk dibentuk. Namun kekurangannya itu ada pada daya tahannya yang kurang baik, yaitu rentan terhadap air. Jadi material kayu ini sebaiknya kita gunakan untuk dapur kering saja.

Berbeda dengan material MDF diatas, Plywood atau lebih dikenal dengan Multiplek ini memiliki water resistant yang sangat baik, karena telah dipress sedemikian rupa. Dimana terdiri dari kayu lapis sebagai material utamanya, maka serat permukaan kayu ini lebih kuat dan keras dibandingkan lapisan dalamnya. Kayu ini sangat cocok jika digunakan untuk kitchen set pada dapur basah. Namun karena kelebihannya itu, harga kayu ini cukup mahal dipasaran.

Sedangkan alternatif untuk plywood yang harganya mahal itu, tidak salah jika anda memilih kayu blockboard sebagai bahan utama untuk dapur dan ruang makan anda. Karena selain tahan air, kayu ini lebih murah di dipasaran. Tentu saja kayu ini juga memiliki kekurangan, yaitu kurang awet jika dibandingkan  kayu Plywood.

Semoga uraian singkat tentang desain 3D interior ruang makan yang mungil ini bermanfaat bagi anda yang ingin mencari solusi untuk memperindah dapur dan ruang makan yang anda miliki. Salam.