Desain 3D Bangunan Rumah Kontemporer

[full_width]
Rumah kontemporer
Desain 3D Bangunan Rumah Kontemporer
Desain 3D Bangunan Rumah Kontemporer - Ide dari desain bangunan rumah ini berasal dari perpaduan arsitektur bergaya California dan Jepang. Dimana elemen arsitektur modern juga turut andil menyumbang perpaduan dari dua hal ini. Kesan bangunan oriental yang muncul namun tidak terlalu dominan, ikut memberi keunikan dari desain gaya bangunan kontemporer diatas.

Sebagaimana kita ketahui, zen garden atau taman zen yang diperkenalkan dari jepang ini berasal dari budaya agama Budha di Jepang. Dimana taman ini digunakan untuk sarana keperluan meditasi atau  kontemplasi kepada Sang Pencipta, dan juga ketenangan batin dari para biksu yang melakukan ritual tersebut. Namun selain hal itu, tentunya taman zen ini juga sangat baik dipadukan dengan gaya arsitektur modern. Karena dari bentuk ciri khasnya yang unik, dimana terdiri atas bebatuan kerikil putih yang di bentuk atau di ukir sedemikian rupa menyerupai garis-garis atau bentuk geometri seperti motif lingkaran dengan menggunakan garpu kayu. 

Hal ini sekaligus juga membantu kebersihan dari taman tersebut, karena semua kotoran berupa daun-daun atau sampah menjadi ikut tersapu oleh garpu kayu yang digunakan untuk menyapu bebatuan kerikil. Belum lagi tumbuhan rumput jepang dan bebatuan alam juga menambah keasrian lingkungan dari rumah hunian, sehingga lebih earthly atau membumi dengan alam sekitar. Hal ini sebuah keharusan bagi agama Budha di Jepang, yaitu untuk sarana menenangkan pikiran agar lebih terarah dalam kontemplasi mereka. Selain itu hal ini juga sengaja dilakukan agar para biksu di didik agar lebih disiplin untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar Vihara.

Sementara elemen arsitektur modern dari sisi bangunan disebelah kanannya, dimana hampir semua sisi bangunan terdiri dari kaca yang dipadukan dengan edge baja stainless menyerupai bentuk kontainer, ikut menambah kesan luas bila dilihat dari dalam ke luar rumah melalui jendelanya. Sehingga bangunan rumah membaur dengan lingkungan sekitarnya dan juga membantu asupan cahaya masuk ke dalam interior ruangan rumah lebih banyak lagi. Tentunya hal ini sangat baik untuk membantu penerangan pada saat siang hari, sehingga bantu artificial light atau cahaya buatan seperti lampu tidak terlalu dibutuhkan untuk penerangan.

Selain itu gaya desain bangunan di sebelah kiri yang cenderung mediterranean style ala arsitektur kolonial Amerika, juga nampak serasi dengan bangunan di sebelahnya yang bergaya modern minimalist. Tidak menimbulkan kesan terlalu dipaksakan dalam penerapan gaya bangunannya.

Semoga uraian singkat tentang desain 3D bangunan rumah kontemporer ini menginspirasi kita agar kreatif dalam menentukan desain bangunan rumah yang kita inginkan. Tentu saja anda juga bisa mencari solusi ide kreatif ini dengan berkonsultasi kepada penyedia jasa desain interior yang ada. Salam.